Contoh Puisi Yang Indah dan Bagus Untuk Guru - Guru Kita

Infomanfaat.club - Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, dari beliulah kita ini menjadi manusi yang memiliki ilmu pengetahuan dan ahklak. Guru memiliki peran sangat penting bagi kecerdasan generasi penerus bangsa tanpa guru maka kita tidak bisa memiliki ilmu.

Guru yang baik adalah guru yang bisa memberikan sauri teladan bagi anak didiknya dimana kepribadian anak akan menjadi baik jika dididik sama guru - guru yang bagus. Jika anda ingin ilmu yang anda miliki memiliki barokah maka hargai dan doakan guru - guru kita.

Guru melahirkan pahlawan - pahlawan bangsa yang bagus dan berkat kegigihan guru dalam mendidik maka generasi berkualitas akan terwujud. Tetapi kadang saya miris karena masih ada guru yang memiliki kehidupan yang kurang layak.

Contoh Puisi Yang Indah dan Bagus Untuk Guru - Guru Kita

Saya sendiri pernah merasakan kasih sayang dari seorang guru sampai dengan saat ini masih teringat dan selalu teringat, beliau dulu sangat peduli dengan saya waktu saya masih kelas 1 dan 2 SD. Beliau memberikan perhatian lebih kepada saya dan berbeda dengan temen temen yang lain.

Setiap beberapa hari sekali beliau membawakan masakan untuk sarapan saya, dari situlah saya merasa beliu seperti orang tua saya yang kedua. Kasih sayang terhadap muridnya tak akan terhapus oleh masa dan selalu aku kenang. 

Semoga beliu dikasih kesehatan, kemudahan dalam menjalani hidup ini dan semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang setimpal atas kebaikannya kepada muridnya Aminnnn..

Sebagai ucapan terima kasih kepada jasa guru guru kita maka saya merangkum dari berbagai sumber tentang puisi untuk guru.


Berikut contoh puisi untuk guru kita :



UNTUKU GURUKU 

Ketika ilmuku gelap gulita
Engkaulah pelitanya
Ketika ilmuku butuh cahaya
Engkaulah penerangnya

Bagaikan tetes embun di padang gersang
Bagaikan cahaya di gelapnya malam
Kehadiranmu
Leburkan ilmu dalam benakku

Kau bagi ilmu menerangi otakku
Kasih sayang,
Ketulusan kelembutanmu
Tampa pamrih

Kau membimbingku mengarungi luasnya samudera ilmu
Untukmu guruku
Aku ucapkan terima kasih
Atas ilmu yang kau bagi pada muridmu
Jasamu akan selalu ku kenang

PAHLAWAN PENDIDIKAN

Pahlawan pendidikan
Ialah guru
Setiap hari
Kau curahkan ilmu

Tuk bekalku esok hari
Kaulah setetes embun
Yang menyejukkan hati

Guru …
Kaulah pejuang
Yang siap membentengi kami
Demi kecerdasan bangsa ini
Terima kasih guruku
Jasamu adalah jalan surgamu

GURUKU TERCINTA

Sapa hangat penuh senyum semangat
Kau tebarkan ilmu yang bermanfaat
Demi anak didik kau berikan nasihat
Jasa mulia goncangkan akhirat

Nyanyian mentari terangi alam
Terangi mimpi bagai mentari
Masa depan bangsa telah kau perjuangkan
Korbankan waktu demi masa depan

Terima kasih aku ucapkan
Guru tercinta panutan alam
Jasa besarmu tak terlupakan
Ku kirimkan puisi untuk Guruku

DARI MURIDMU

Tergurat di hatiku celoteh
yang membosankan
Perihal disiplin, tertib, kesopanan
Demi kami dan untuk kami

Dengan harapan kelak kami mengerti
Risau melanda bila kau ada
Bahagia seisi hati bila kau tak di sisi
Pikiran kami terbalik sejak mengenalmu

S’bab kami telah meremehkan sekepal ilmu
Mari, lumat habis kebodohan kami!
Genggam erat sekarung ilmu yang ingin kau beri
Lalu taburkan di lahan jiwa kami!

Tak lupa, siramilah kami dengan pancuran kasih dari hati
Barangkali dokter, menteri, dan polisi
Itulah buah ajarmu yang kau nanti
Jangan sungkan bila engkau mau mengajarkan
Sungguh, cukup ilmu sejati dan akhlak terpuji untuk kami.

AIR MATA GURUKU

Kembali hilang bagian penting hidupku
Terlalu cepat waktu mengambil dirimu
Waktu tak mengerti apa perasaanku
Air mata kembali bersamaku

Melepasmu bagai dagingku telah hancur
Hatiku layu tidak kembali mekar
Ku tak bisa menjadi seorang anak pintar
Tanpa dirimu itu akan sukar

Air mata ini untukmu
Kau dapat dengar tangisannya selalu
Suaranya kan bergema di tiap celah hatimu
Kan mengisi kekosongan rumahmu

Andai kita tak berpisah
Detikku takkan resah
Melihatmu telah jauh
Hatiku semakin rapuh

GURU

Oh, Guruku
Sapa hangat pelukmu
Senyumu itu
Bagaikan Emas yg bersinar dihatimu

Guruku tersayang
Engkaulah cahaya kehidupan
Tanpamu
Aku tak tahu baca menulis

Tak tahu menghitung
Kau rela mati matian berkorban demi anak anak didikmu
Untuk apa?
Untuk Anak didikmu menjadi anak anak yg sukses

Oh, My Teacher terima kasih atas perjuanganmu selama ini
Aku tak tahu harus berterimakasih dgn apa untukmu?
Karena perjuangan engkau terlalu banyak untukku
Aku hanya bisa mengucapkan terima kasih
Untuk Guruku tersayang

Puisi Untuk Guru – Pembuka Gerbang Dunia
Oleh : Anonimous

Dulu aku bodoh
Dulu aku sama sekali tak tahu apa-apa
Aku tak tahu cara baca tulis
Aku juga begitu bodoh untuk dapat menghitung

Semuanya berubah saat aku mengenalmu
Kau yang seringkali kusepelkan dengan sabar membimbingku
Kau ajarkan aku baca tulis
Kau tularkan sebundel ilmu hitungan

Kau begitu sabar
Kau begitu teliti dan cekatan mengajari dan membimbingku
Nggak jarang aku putus asa dan malas dalam belajar
Namun, kau mampu membuka gerbang semangatku kembali

Aku tak tahu jika orang sepertimu tidak terlahir di dunia
Akan jadi apakah aku jika orang sepertimu tidak ada
Orang yang membuka jalan menuju masa depan
Orang pembuka gerbang dunia untukku

Puisi Guru – Si Tua dalam Wadah
oleh I Gusti Putu Satia Guna

Ketika mendung
Awan silam, angin kungkung
Si tua itu masih saja
Mengerang merangrang

Memang manusia
Manusia lelah pada kalah
Manusia gelisah pada kisah
Manusia malu pada waktu
Dan mati pada hati

Sepucuk angin nyiur menyentuh
Ujung cemara yang mengering
Anak-anak ilalang menusuk
Telapak kaki, mengoyak butir-butir kerinduan

Rindu pada merdu angin sore
Ketika mata mulai menyapa
Kau meredup
Dan aku membuka pijakan baru

Puisi – Guruku yang mulia
Oleh Yuli Meynar Pratiwi

Guruku….
Engkau laksana rembulan yang memiliki cahaya yang sangat terang.
Engkau bak matahari yang menyinari bumi sepanjang zaman.
Engkau ibarat malaikat yang membimbing manusia ke jalan yang benar.

Guruku….

Engkau korbankan waktumu untuk mendidik dan mengajar kami.
Tutur kata dan bahasamu yang lembut,membuat kami merasa nyaman dikala engkau sedang mengajar.

Guruku….

Maafkan lah semua perkataan dan perbuatan kami yang mungkin telah mengiris dan mencabik-cabik hatimu.

Guruku….
Kami murid mu selalu mendoakan agar engkau sehat dan disetiap langka mu di sertai Allah swt
amin.

Puisi Guru – Yang Tak Pernah Berhenti Berkata
Oleh Pandu Prabowo Jati

Di sudut malam kumembisu
Termenung akan segala dosa hariku
Bibir serasa keluh
Takkala kuucap maaf kesekian kalinya

Aku tahu,
Senyum semu yang engkau tampilkan
Beribu beban yang tak tertahankan
Karena aku

Aku malu, sungguh
Ketika aibku engkau tanggung
Saat mereka mencibir karena aku
Betapa tabah hati yang engkau tanam
Dibalik riangmu yang terenggut

Aku malu pada diriku
Takkala terucap janji-janji
Takkala terucap sesalnya hati ini
Tak sekalipun aku beranjak

Hingga ku tahu
Kini kau selalu ada
Tak sekalipun gentar, meski mereka hina
Merubah batu menjadi berlian
Merubah kami lebih baik

Terima kasih ku sematkan
Rasa syukur aku panjatkan
Teruntuk engkau
Yang tak pernah berhenti berkata

Puisi Guru – Bungaku
oleh Erina Napitupulu

Guruku
Kala fajar menyising,
Lengan baju turut Engkau singsing
Segala milik yang menyamankan
Rela Engkau sisihkan
Kala mentari beranjak senja
Matapun redup seketika
Semua nama selalu Engkau bawa
Dalam doa dan harapan.

Guruku
Berlapis peluh.
Bermodal hati juga pengetahuan
Berbagi kepadaku dan kepadanya
Juga mereka.
Seberkas sinar pagimu
Membuka mata hatiku
Selangkah laju kutuju
Kan kusambut disetiap hariku,

Guruku
Tak banyak yang akan ku katakan
Karen tanpa katapun jasamu nyata
Mengalir di seluruh jiwa
Tak ada yang dapat kuberikan
Karena tanpa pemberianpun
Jasamu tetap ada.
Trimakasih guruku
Selamanya bagiku
Doaku untukmu

Puisi Untuk Guru – Sumber Ilmuku
Oleh Dadenargabisma

Guru kau adalah sumber ilmuku
Sumber ilmu yang telah lamaku cari dan
Kini telah mengisi perjalanan hidupku
Guru keramahan sikapmu seakan

Mempermudah masuknya berbagai
Macam ilmu yang bermanfaat untukku yang Haus akan Ilmu dan akan menjadi sebuah petunjuk untuk Perjalanan hidupku
Guru saat kau memberikan ilmu kepadaku Hati

ini mengetahui harapanmu agar ilmu yang kau Berikan
Akan berguna diperjalanan hidupku kelak
Guru kumerasa terkadang diri ini telah Mengecewakanmu
Dengan sikapku danku belum mampu untuk

Mengendalikan emosi yang ada didalam jiwaku
Guru untuk semua ilmu yang telah kau berikan
kepadaku kuhanya mampu berterimakasih
Danku berjanji tak akanku
mengcewakanmu.

Puisi – Guruku Layaknya Pelangi
Oleh Najwa Futhana Ramadhani

Seorang pemberi ilmu itu
Tampak seperti pelangi
Yang kerap mengajari guna ini-itu

Lima belas huruf
Lima suku kata
Digabung dalam satu kalimat
Layaknya pelangi

Dapatkah kuulangi,
Dengan huruf dan suku kata lain?
Empat huruf, dua suku kata,
Guru

Guru layaknya pelangi
Yang selalu berkenan mengajarkan tentang ini itu
Dan selalu memberi motivasi
Agar terus bekerja keras hingga mendapat buahnya yang manis

Guruku layaknya pelangi
Yang selalu mengajari untuk berbagi
Yang selalu mengajari untuk sesama yang membutuhkan
Guruku layaknya pelangi


Begitulah beberapa cuplikan puisi untuk guru tercinta kita, semoga dengan puisi ini dapat memberikan pencerahan terhadap jasa - jasa yang diberikan oleh guru kita.

Sumber Reff : arqolby.blogspot.com, https://obatrindu.com

Belum ada Komentar untuk "Contoh Puisi Yang Indah dan Bagus Untuk Guru - Guru Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel