Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix LX 300+II dan LX 310

Infomanfaat.clubCara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix LX 300+II dan LX 310, bagi sebuah perusahaan atau toko yang biasa menerbitkan nota atau faktur penjualan atau surat jalan tentunya membutuhkan sebuah printer yang bisa mencetak dokumen rangkap 4 atau 5. Setiap administrasi yang berhubungan dengan penjualan kita membutuhkan dokumen pengiriman atau surat jalan sebagai bukti bahwa barang sudah dikirim dan diterima. Jadi surat jalan sangatlah penting yang harus ada disetiap pengiriman dan surat jalan harus lebih dari satu lembar. www.infomanfaat.club

Cara menambah ukuran kertas surat jalan di printer dot matrix

Printer yang biasa dipakai untuk mencetak surat jalan atau faktur penjualan kebanyakan menggunakan printer type dot matrix. Printer ini bekerja dengan head catridge berbentuk sebuah jarum dengan tinta berbentuk pita. Printer yang banyak dipakai adalah epson dot matrix LX 300+II dan LX 310 dan terbukti printer ini sangat handal cuma harganya lebih mahal dari printer biasa.

Cara printer ini bekerja yaitu secara magnetik dimana untuk menggerakkan jarumnya dan menekan pita langsung ke kertas rangkap sehingga sekali cetak mampu tembus sampai 5 rangkap. Printer ini memiliki jumlah  jarum yang berbeda tergantung typenya,diantaranya 9 jarum dan 24 jarum, semakin banyak jarumnya maka hasil cetak akan semakin sempurna. 

Perawatan printer dot matrix ini tergolong sangat mudah karena tintanya tidak berbentuk cair, jadi kita hanya membersihkan debu debu yang menempel saja. Printer jenis ini tergolong printer yang sangat jadul tetapi masih eksis sampai sekarang karena fungsinya yang tidak bisa diganti dengan printer jenis lain.

Cara setting printer ini sama dengan printer jenis tinta basah, hanya saja jenis huruf yang bisa diterapkan di printer ini terbatas. Jika kita memaksakan menggunakan huruf diluar ketentuan hasil cetaknya kurang bagus.

Nah karena keperluan kita adalah mencetak surat jalan dengan kertas Continuous form yang menggunakan ukuran setengah A4 maka kita perlu menambahkan ukuran baru supaya hasil cetak bisa sesuai. Ukuran surat jalan setengah A4 yang lazim adalah L  21,59 Cm X T 14 Cm, Jadi kita perlu menambahkan ukuran sendiri di printernya supaya hasilnya maksimal.


Berikut cara menambahkan ukuran kertas surat jalan di printer dot matrix LX 300 atau LX 310 :


  • Untuk pengguna windows 7 silahkan klik start dan pilih Device and Printer, sedangkan pengguna windows 10 silahkan klik start dan pilih Setting atau Roda gigi dan pilih Printer And Scanner seperti gambar dibawah ini.
  • Jika sudah terbuka jendela diatas silahkan pilih printer yang akan ditambahkan ukuran kertasnya Yaitu Printer Epson LX 300+II 
  • Cari Print Server Properties untuk windows 10 seperti gambar diatas sedangkan untuk windows 7 silahkan lihat di deretan menu bar diatas printer. maka akan terbuka jendela settingan dibawah ini.
Cara menambahkan ukuran kertas di printer dotmatrix

  • Untuk menambahkan ukuran kertas surat jalan silahkan centang Create a New Form 
  • Pada bagian ukuran kertas dibawahnya pilih Metric karena kita menggunakan satuan Cm pada bagian Paper Size isikan Lebar kertas dan tinggi kertas sesuai denga kertas yang sobat harapkan. 
  • Karena dari awal saya ingin menjelaskan cara menambah ukuran kertas surat jalan yang rangkap 4 atau 5 maka untuk Width isikan 21,50 cm dan Height isikan 14 cm sesuai ukuran kertas surat jalan.
  • Setelah diisi semua silahkan klik SAVE FORM terlebih dahulu untuk menyimpan format yang sudah sobat buat.
  • Dan yang terakhir baru klik OK  untuk menyimpan settingan.

Baca Juga : Cara Setting Ukuran Kertas Faktur Penjualan di Accurate

Begitulah langkah langkah cara menambahkan ukuran kertas surat jalan atau faktur penjualan di Printer Dot Matrix. Cara ini sama dengan printer biasa jadi bagi anda yang sudah terbiasa menambahkan ukuran kertas baru di printer biasa tentunya akan bisa juga di printer ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix LX 300+II dan LX 310"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel