Cara Mengetahui Perilaku Visitor Didalam Blog Kita

Infomanfaat.club - Sebagai seorang blogger yang srius dan mendapatkan pendapatan dari hasil menulis di blog, maka anda perlu selalu mengecek kesehatan blog dan seberapa menarik artikel anda dimata visitor.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam mengelola blog?


1. Artikel.

cara menulis artikel yang bagus

Hal yang paling utama ysng perlu diperhatikan adalah isi dalam artikel itu sendiri, karena artikel adalah tonggak utama dalam sebuah blog. Jika anda memiliki blog maka buatlah isi didalam blog itu yang bisa menyelesaikan masalah atau kasus yang dialami oleh visitor.

Kebanyakan orang yang browsing ke dunia internet adalah sedang mencari sesuatu yang dia butuhkan, maka dari itu sediakan konten yang sesuai dan detail tentang masalah tersebut, supaya jika orang itu menyasar ke blog anda tidak pindah ke lain hati.

Jika konten yang ada di blog anda tidak bisa memberikan informasi yang lengkap terhadap masalah pengunjung maka konten anda percuma di page one SERP Google karena pengunjung hanya numpang lewat saja.

Dalam membuat konten gunakan bahasa yang mudah dipahami jangan terlalu bertele - tele tetapi jelas dan fokus terhadap masalah yang akan dibahas. Buat apa artikel panjang tapi pada pokok inti masalah tidak dapat menyelesaikan masalah.

Jika anda membahas blog tutorial usahakan sebelum mempublish anda harus praktekkan sendiri jangan asal comot refrensi orang, karena bisa jadi permasalahannya sudah kadaluarsa dan butuh penyelesaian cara terbaru.


2. Template Blog

template terbaik 2019

Template merupakan komponen utama yang mengatur keindahan tampilan blog, template bisa diibaratkan sebuah rumah sedangkan artikel adalah sebuah isi rumah. Maka dari itu keindahan dan kenyaman sebuah tampilan blog juga harus diperhatikan.

Anda jangan asal - asalan memakai template gunakan template yang memiliki reputasi bagus dikalangan blogger. Banyak blogger mereferensikan template yang bagus anda tinggal memilih sesuai dengan selera anda.

Ciri - Ciri Template Blog Yang Bagus :

  1. Template yang bagus itu yang responsive yaitu dapat menyesuaikan dengan kondisi gadget atau komputer dan smartphone. Karena gadget memiliki perbedaan layar jadi template harus bisa menyesuaikan dengan kondisi layar pengguna.
  2. Memiliki struktur data yang bagus, maksdnya disini template itu harus bisa mengikuti perkembangan browser yang terbaru, maka dari itu anda gunakan template yang original supaya dapat dukungan dari pembuat template. Jangan sampai struktur data template anda banyak yang error, hal itu bisa menyebabkan effek buruk blog anda di mata google.
  3. Memiliki page speed yang bagus, template yang bagus harus memiliki page speeds diatas 90 % jika diukur dengan page speeds insight tanpa iklan. dan mendapat nilai A atau B jika diukur dengan GTMETRIX.
  4. Memiliki Loading yang cepat, Template yang memiliki loading yang cepat akan disukai oleh pengunjung dan google.
  5. Memiliki Desain View yang bagus dan kombinasi warna yang enak dipandang.


3. Hosting dan Nama Domain TLD

perbedaan hosting

Apa itu hosting? hosting adalah tempat untuk menampung sebuah website atau blog jika anda ingin membangun blog secara profesional dengan menggunakan hosting sendiri. Hosting bisa dibeli di penyedia hosting dengan harga bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

Terus bagaimana jika kita tidak mampu beli hosting? apakah ada hosting gratisan?

Bagi blogger pemula anda tidak usah pusing membahas hosting berbayar karena google dengan produk blogggernya menyediakan hosting bebas tanpa bayar sepeserpun. Anda bisa membuat blog dengan bebas di blogger.com dan menulis artikel sebanyak mungkin tanpa ada batasan.

Banyak blogger yang sukses hanya mengandalkan gratisan dari blogspot dan mereka ogah pindah ke hosting bebayar karena tidak perlu pusing memikirkan perpanjangan.

Apa itu domain TLD ?

Jika anda ingin membangun sebuah blog tanpa subdomain maka anda harus membeli domain dengan nama sesuai yang anda inginkan, seperti doamiananda.com. Banyak penyedia jasa yang jual domain dan harganya bervariasi sesuai dengan type domain.

Untuk memilih nama domain anda harus menyesuaikan dengan nice apa yang mau anda bahas di blog anda, jangan asal beli domain karena domain juga mempengaruhi SEO.

Gunakan nama domain yang mudah dan jangan yang berbelit belit supaya orang gampang mengingatnya jika ingin kembali mengunjungi blog kita.


4. Perilaku Visotor Didalam Blog

cara melihat perilaku pengunjung blog

Mungkin para blogger pemula yang baru terjun ke dunia blogging banyak yang tidak memperhatikan masalah perilaku visitor blog.

Kenapa perilaku perlu diperhatikan?

Perilaku atau tindakan dari seorang pengunjung blog harus kita perhatikan untuk mengetahui seberapa puas atau seberapa menarik konten kita dimata pengunjung. Apakah konten kita bermanfaat buat pengunjung ataukah tidak bisa menyelesaikan apa yang dimau pengunjung.

Darimana kita bisa mengetahui perilaku pengunjung Blog?

Untuk mengetahui perilaku pengunjung kita bisa menggunakan sebuah tools yang sudah disediakan oleh google yaitu google analytic secara gratis. Anda hanya perlu mendaftarkan dan memasang blog anda di google analytic.

Baca Juga : Cara Membaca Perilaku Pengunjung Di Google Analytic.

Dan anda juga bisa menggunakan tools Histats secara gratis, tools ini juga bisa menampilkan prilaku pengunjung blog dengan mudah.

Cara membaca perilaku pengunjung blog yaitu dengan mengamati durasi pengunjung itu membuka artikel kita dan artikel apa saja yang dia buka. Didalam google analytic aktivitas itu sudah terekam secara akurat, begitu juga di tools histats.

Jika anda menemukan pengunjung banyak tetapi konversi ke pendapatan anda kecil maka anda perlu memerhatikan perilaku pengunjung terhadap blog anda. Jangan jangan pengunjung hanya datang dan pergi sesuka hati karena artikel anda kurang menarik.

Jika anda menemukan kasus itu maka anda perlu memperbaiki artikel anda supaya informasi didalam artikel anda lebih lengkap.

Baca Juga : Cara Membaca Perilaku Pengunjung Di Histats.





2 Komentar untuk "Cara Mengetahui Perilaku Visitor Didalam Blog Kita"

  1. Yg susah itu cari tau apa yg dia mau mas, oh kadang judul kita udh pas, eh waktu di buka belum sempat lihat isinya udah minggat. Kan nuesek tu, bikin bounce rate tinggi.

    Ijin
    http://kustoro.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu penyempurnaan isi konten aja sih Mas menurut aku..perbaiki isi konten yang memberikan informasi yang sangat detail tentang apa yang dibahas.. memang susah untuk memprediksi apa yg dimau orang..

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel